7 Cara Hidup Sehat Menurut Rasulullah

7 Cara Hidup Sehat Menurut Rasulullah

Cara hidup sehat – Memiliki tubuh sehat tentu menjadi impian setiap orang. Dengan memiliki tubuh yang sehat dapat mendukung semua aktivitas Anda. Untuk itu, diperlukan upaya dalam menjaga dan merawat kesehatan tubuh. Ada banyak cara dalam memelihara kesehatan tubuh, yaitu dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, olahraga, cukup istirahat, dna menjauhi kebiasaan hidup buruk seperti mengonsumsi alkohol dan begadang.
Tubuh adalah anugerah dari Allah sehingga sudah menjadi kewajiban kita sebagai umat ciptaan Allah untuk selalu menjaga kesehatan tubuh. Namun, masih banyak manusia yang belum memiliki kesadaran untuk selalu menjaga kesehatan tubuh, sehingga lambat laun tubuh mereka digerogoti penyakit. Anda tentu tidak mau seperti itu bukan? Lalu, bagaimana cara hidup sehat yang baik?
Bagi Anda umat muslim, cara hidup sehat dapat meneladani sikap hidup Rasulullah. Hal ini tampak dalam bagaimana beliau menjalankan kehidupan sehari-hari dengan sehat. Bahkan, cara hidup sehat ini masih berlaku hingga pada zaman modern sekrang ini. Nah, berikut ini cara hidup sehat ala Rasulullah yang dapat Anda contoh.

1.Berpuasa
Berpuasa merupakan salah satu cara hidup sehat yang diteladankan oleh Rasulullah. Puasa bermanfaat melancarkan sistem pencernaan dan membuat semua organ dalam tubuh Anda bekerja secara teratur sehingga akan mempengaruhi keseimbangan dan ketenangan emosi Anda. Jadi, dengan berpuasa akan menjaga kesehatan fisik dan psikis Anda karena terhindar dari keluhan stres. Jadi, selain menjalan puasa Ramadhan, Anda bisa membiasakan diri Anda untuk berpuasa sunnah seperti puasa Senin Kamis.

2.Membagi waktu secara seimbang

7 Cara Hidup Sehat Menurut Rasulullah

Cara hidup sehat yang dilakukan Rasulullah juga dapat terlihat dari bagaimana beliau membagi waktu kegiatan dalam sehari. Yaitu masing-masing 8 jam untuk bekerja, beribadah, dan beristirahat. Dengan menerapkan pembagian 1/3 hari untuk ketiga jenis kegiatan tersebut secara seimbang, niscaya hidup Anda akan lebih teratur dan sehat.

3.Mengonsumsi makanan sehat dan banyak minum air putih
Cara hidup sehat ala Rasulullah yang selanjutnya adalah dengan banyak mengonsumsi makanan sehat, terutama sayur dan buah. Bahkan, beliau sangat menyarankan untuk selalu mengonsumsi buah kurma untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, Rasulullah juga selalu mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan banyak minum air putih. Dengan mengonsumsi makanan bernutrisi dan banyak minum air putih maka tubuh Anda pun akan selalu sehat penuh stamina.

4.Makanlah secukupnya
Makan secukupnya dengan membiasakan diri makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang juga menjadi salah satu cara hidup sehat yang diajarkan oleh Rasulullah. Dengan makan secukupnya ini maka akan meringankan kinerja lambung dan mencegah timbulnya penyakit.

5.Duduk saat makan dan minum

7 Cara Hidup Sehat Menurut Rasulullah

Duduk saat makan dan minun juga termasuk cara hidup sehat lain yang diajarkan oleh Rasulullah. Selain demi kesopanan, posisi terbaik baik saat makan ini  bermanfaat mempermudah proses pencernaan makanan. Hindari makan dengan posisi berdiri karena posisi ini dapat memperberat kinerja organ pencernaan sehingga dapat mengganggu kesehatan nantinya.

6.Makan menggunakan tangan sebelah kanan secara langsung
Makan menggunakan tangan kanan secara langsung adalah salah satu cara hidup sehat yang diajarkan oleh Rasulullah. Dengan menyantap makanan menggunakan tangan secara langsung tanpa menggunakan sendokndan garpu bermanfaat meningkatkan kinerja aktif  sistem saraf otak sebelah kiri. Dengan begitu, kebiasaan ini dapat menjaga kekuatan otak Anda dan dapat meningkatkan kualitas pikiran Anda agar tetap aktif dan fokus.

Demikian beberapa cara hidup sehat ala Rasulullah  yang dapat Anda lakukan. Jika Anda sudah melakukan beberapa atau semua cara sehat di atas, namun Anda masih saja sakit-sakitan, badan kurang berstamina, mudah lelah dan lemah maka Anda perlu segera melakukan cara hidup sehat yang berikutnya, yaitu dengan mengonsumsi Kapsul Bioenergi yang akan membantu Anda dalam menjaga dan merawat kesehatan tubuh sehingga Anda sehingga hidup Anda menjadi lebih berkualitas, lebih sehat, bahagia, dan sejahtera.


Baca Artikel Menarik Lainnya :

Tidak ada komentar: